Wednesday, January 8, 2014

Resep Risoles Isi Ragout Sederhana

Minggu kemarin ada pesanan teman untuk dibuatkan risoles yang akan dibawa ke acara gerejanya. Biasa kalau masak tidak pernah ditakar secara pasti. Nah ini resep risoles sederhana yang suka dipakai.

Bahan yang diperlukan:
250 gram tepung terigu serba guna
500 ml susu cair
50 gram mentega, lelehkan
3 butir telur
seujung garam

Isiannya:
1 buah wortel, potong kotak-kotak dan rebus sebentar
2 sdm daun bawang iris
2 sdm daun seledri iris
2 sdm cincangan bawang bombay
1 sdm cincangan bawang putih
200 gram daging cincang suir matang
5 sdm tepung terigu(sebagai pengental)
2 sdm gula pasir
garam
pala bubuk
merica
2 sdm susu kental manis
2 sdm minyak untuk menumis
1 gelas kaldu

Cara membuatnya:
Panaskan minyak goreng. Lalu tumos bawang putih dab bawang bombay hingga harum. Kemudian tambahkan daun bawang. Tumis sebentar. Beri garam pala bubuk, gula. Campur rata. Tuang kaldu ayam  (1/2 gelas) dan didihkan hingga mendidih. Tambahkan ayam dan sayuran serta 1/2 gelas kaldu yang telah di campurkan tepung terigu. Masukan susu kental manis dan irisan seledri. Angkat dan dinginkan. Siap dipakai untuk bahan isian ragout.

Untuk kulitnya:
Campur semua bahan (dimixer lebih baik). Kemudian disaring. Dadar adonan dengan menggunakan teflon ukuran diameter 20 cm. Lakukan sampai adonan habis.
Isi dadar kulit risoles dengan isian ragout. Banyaknya sesuai selera. Lipat seperti melipat amplop. Kemudian siapkan kocokan telur dan tepung panir untuk menggorengnya.
Siapkan wajan yang berisi minyak panas. Celuplan risoles ke dalam adonan putih telur dan gulingkan ke dalam tepung panir. Goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan cabai rawit atau sambal kacang 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...