Saturday, February 22, 2014

Resep Tahu Pong Bulat aka Ping Pong

Olahan tahu yang umum dan paling mudah dijumpai adalah tahu goreng. Tahu goreng yang terkenal kalau di Jawa Barat berasal dari daerah Sumedang. Oleh  sebab itu yang ngetop adalah tahu Sumedang. Kami kalau lewat Sumedang pasti mampir untuk menikmati tahu Sumedang. Biasanya disantap panas-panas dengan lontong kosong, sambal tauco dan cabe rawit. Wah jadi kangen dengan tahu ini. Kalau di daerah Jawa, khususnya Semarang, goreng tahu dikenal dengan nama tahu pong karena dalamnya berongga (kopong).

Kalau biasanya tahu goreng Sumedang dan tahu pong berbentuk segi empat, ada lagi tahu pong unik yang berbentuk bulat seperti bola ping pong sehingga ada yang menyebutnya sebagai tahu ping pong. Memang kreasi dan kreativitas pengusaha kulineri tradisional tidak ada habis-habisnya. 

Yang menjadi pertanyaan bagaimana sih membuat tahu pong bulat ?. Setelah mencari info ke sana ke mari, ternyata tahu pong bulat dibuat dengan cara menghaluskan tahu. Setelah diberi penyedap tahu dibentuk bulat-bulat. Kemudian tahu yang sudah dibentuk bulat ini dimasukkan ke dalam freezer supaya mengeras (kurang lebih selama 2 jam an). Nah saat akan disajikan, goreng tahu yang sudah membeku ini dengan minyak panas sekali. Dijamin hasilnya akan bagus, tidak akan pecah. Luarnya renyah tetapi bagian dalamnya lembut sekali. 

Berikut ini kurang lebih resepnya. 

Bahan yang diperlukan:
2 buah tahu segar ukuran sedang
1 bawang putih, haluskan
1 1/2 sdt baking powder
sedikit garam (bila suka)
daun bawang cincang halus (bila suka)
minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya adalah:
Tahu dihaluskan dengan diremas-remas. Kemudian diperas airnya dengan menggunakan kain bersih. Kemudian campur semua bumbu kering, bawang putih dan baking powder serta daun bawang (bila menggunakan).

Bentuk bulat-bulat adonan tahu tersebut sehingga habis. Kemudian tahu yang sudah dibulatkan di bekukan dalam freezer selamat sedikitnya 2 jam atau sehingga setengah membeku. 

Panaskan minyak untuk menggoreng sampai panas sekali. Bila semua tahu sudah masuk dalam penggorengan, turunkan api menjadi sedang. Goreng sampai matang kecoklatan.








No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...