Thursday, February 20, 2014

Cara Membuat Kentang Goreng Praktis


Kentang goreng atau bahasa kerennya disebut French Fries sudah menjadi makanan sehari-hari bagi orang bule terutama bule Amrik. Biasanya disajikan dengan burger, hot dog atau aneka macam fried seafood, fried chicken. Siapa sih yang tidak meyukai makanan yang satu ini. Rasanya renyah dan gurih. Pokoknya bikin ketagihan. Tetapi ingat makanan ini sangat tinggi kalorinya karena mengandung minyak yang tinggi akibat proses menggorengnya. Nah daripada membeli sendiri di supermarket (dalam bentuk bentuk beku tinggal digoreng di rumah), rumah makan siap saji atau bahkan tukang penjual kentang goreng di gerobak lebih baik kita bikin sendiri saja. Lebih sehat karena tidak ada penambahan bahan-bahan pengawet dan kimia yang berbahaya. Yuk kita lihat bahan dan cara membuatnya. Untuk membuatnya adalah pilih kentang dengan kandungan air yang sedikit. Biasanya kentang ini berwarna lebih pucat (putih) dibanding kentang yang berwarna kuning.

Bahan yang diperlukan:
1/2 kg kentang
3-4 butir bawang putih, haluskan
garam secukupnya
 kaldu bubuk secukupnya (skip bila tidak suka)
 air es secukupnya
minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuatnya:
Kupas dan potong-potong kentang sesuai selera. Biasanya seperti ukutan kentang goreng yang dijual di fast food. Kemudian cuci di bawah air yang mengalir sehinggal bersih dan tidak bergetah lagi. Simpan kentang yang sudah dipotong dalam air secukupnya (asal terendam saja).

 Kemudian tambahkan bawang putih, kaldu bubuk dan garam. Rasakan bila kurang bumbu boleh ditambahkan. Panaskan air dan kentang sehingga mendidih, kemudian matikan api.

 Lalu buang air mendidih tersebut dan masukkan kentang ke dalam air es. Setelah itu tiriskan kentang. Lalu kentang digoreng sampai setengah matang. Angkat kentang setengan matang dan simpan dalam wadah tertutup di freezer (dibekukan)

 Sewaktu akan menggoreng kentang, gorenglah kentang yang dalam keadaan beku tersebut dengan minyak yang panas. Hasilya, voila....kentang goreng yang seperti dijual di restoran siap saji. Empuk, renyak dan krispy.

Bila ibu-ibu kesulitan memotong kentang dengan ukuran yang sama, ada alat yang dapat membantu mempermudah memotong french fries ini namanya french fries cutter.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...