Tuesday, March 10, 2015

Cara Membuat Kaldu Ayam Bubuk (Chicken Powder)

Mambuat kaldu ayam sendiri kadang-kadang merepotkan karena biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Tulang ayam dan sayur-sayuran direbus sampai beberapa jam sampai semua sarinya keluar dan menjadi kaldu yang gurih dan enak. Solusi ibu-ibu yang mau praktis dan cepat yaitu membeli kaldu bubuk instan yang tinggal dipakai untuk memasak. Memang mudah sekali, tinggal cemplang-cemplung saja. Kaldu bubuk cukup ditambahkan ke dalam sup seperti sup ayam, soto ayam dan berbagai jenis makanan yang memerlukan kadu. Tapi pada umumnya kaldu ayam bubuk mengandung bahan-bahan yang kita tidak inginka seperti MSG atau penyedap rasa dan pewarna makanan (biasanya pewarna kuning).

Untuk amannya, yuk kita bikin sendiri kaldu ayam bubuk atau bahasa kerennya sih disebut chicken powder atau chicken boillon. Tidak susah lho cuma harus sedikit telaten. Yang penting hasilnya yummy tapi sekaligus juga sehat dan aman.

Bahan yang diperlukan:
350 gram daging ayam tanpa lemak dan kulit
2 buah wortel
25 siung bawang putih
1 buah bawang bombay ukuran kecil atau 1/2 buah untuk ukuran sedang/besar
2 batang seledri
1 batang daun bawang
1 sdt gula pasir
2 sdm garam

Cara membuatnya:
Semua bahan di atas dimasukkan ke dalam food processor. Haluskan sehingga halus. Kemudian panaskan wajan anti lengket dan sangrai ayam halus tersebut sampai kering. Untuk mengeringkan lebih lanjut, gunakan oven dengan api yang paling kecil. Ratakan adonan ayam di atas loyang dan panggang hingga kering dengan api yang sangat kecil. Aduk-aduk dan bolak balik hingga kering. Angkat dan dinginkan bila sudah kering.

Gunakan food processor untuk menghaluskan kaldu ayam tersebut. Tempatkan dalam toples atau wadah yang kedap udara.

Kaldu ayam bubuk ini karena tanpa pengawet tidak dapat disimpan lama. Tergantung seberapa kering dalam proses pembuatannya. Biasanya bisa bertahan sampai 1 bulan. Untuk membuatnya lebih tahan lama, simpan kaldu ayam bubuk ini di dalam lemari es.



 

3 comments:

  1. Baiknya dishare link resepnya yah....regards ndaru gendis shinta

    ReplyDelete
  2. Kalau semisal dicairkan brp takarannya mba?
    Semisal : butuh 100 ml kaldu ayam, brp sendok kaldu bubuk yg dibutuhkn?
    Thankyou

    ReplyDelete
  3. Kalau ngga punya food processor apa bisa diganti sama blender atau penggiling daging manual? kalau ayamnya dimasukkan dulu ke freezer biar beku & gampang dihaluskan apakah bisa bu? Terima kasih.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...