Wednesday, March 11, 2015

Cara Membuat Homemade Saus Tomat (How To Make Homemade Tomato Sauce)

Saus tomat biasanya cocok banget buat cocolan kentang goreng. Juga digunakan dalam berbagai jenis makanan seperti bikin saus asam manis. Bahkan kalo di daerah Surabaya dan sekitarnya kalau tidak salah ada cap cay merah karena sausnya ditambahkan saus tomat atau nasi goreng merah. Nah lho ? Tidak usah bingung, lain daerah lain kebiasaan dan kesukaan dalam memasak.

Seringkali yang suka bikin bingung, saus tomat itu dalam pembuatannya (di pabrik) ditambahkan zat pengawet dan pewarna. Bahkan pembuatannya pun sebetulnya banyak yang menggunakan buah-buahan murah yang menjelang busuk ataupun grade rendah seperti pepaya. Nah kan lebih baik mencoba membuatnya sendiri di rumah supaya hati tidak khawatir, terutama jika saus tomat itu kesukaan buah hati anda.


Bahan yang diperlukan:
1/2 kg tomat segar (merah)
4 siung bawang putih
8 butir bawang merah
4-5 sendok makan gula pasir
2 sendok teh garam
1 sendok teh cuka

Cara membuatnya:
Bawang merah, tomat dan bawang putih dikukus. Kemudian kukusan sayuran tersebut di blender sampai halus. Hasil blenderan kemudian diberi garam, cuka dan gula pasir. Kemudian dididihkan dan dimasak dengan api kecil sehingga mengental

Setelah mengental, diangkat dan didinginkan. Simpan dalam toples kedap udara dan masukkan dalam kulkas supaya tahan lama.

Tips:
blender semua bahan beberapa kali sehingga menghasilkan saus tomat yang halus. Bila ingin halus sekali, Hasil blenderan ditiriskan untuk diambil sarinya. Ampasnya dibuang.






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...