Tuesday, March 10, 2015

Resep Mudah Dan Praktis Tahu Gejrot (Indonesian Tofu Salad Gejrot Recipe)

Rasanya nano-nano deh, manis asam pedas sedikit asin. Pokoknya seger deh. Siapa yang tidak mengenal tahu gejrot, makanan khas dari Cirebon. Mungkin asal namanya itu berasal dari bahasa Sunda, gejrot yang artinya dilumatkan. Nah arti dilumatkan disini bumbunya bukan tahunya lho. Jadi bumbunya digejrot tapi gak sampai halus cukup cuma untuk mencampurkan bumbu sausnya. Itu perkiraan saya saja lho:).

Bahan utama makanan ini cuma satu yaitu tahu. Carilah tahu sumedang atau bila tidak ada gunakan jenis tahu biasa dan goreng sehingga matang atau kering sesuai dengan keinginan anda.

Mari kita tilik resep di bawah ini.

Bahan yang diperlukan:
20 potong tahu Sumedang (matang sudah digoreng)
175 gram gula merah (bisa ditambah atau dikurangi)
2 sdt asam jawa
300 ml air matang
1 sdt garam
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih 
3- 5 cabe merah
8 buah rawit

Cara membuatnya:
Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, cabe merah dan rawit sehingga kasar. Bagi 2 campuran bahan bawang dan cabe tersebut. Yang separuh dihaluskan sehingga halus, yang separuh dibiarkan tumbuk kasar.

Didihkan air kemudian masukkan asam jawa dan gula merah serta tumbukan cabe-bawang yang telah halus. Masak sehingga bercampur. Dinginkan.

Susuh tahu Sumedang di atas piring atau mangkuk. Kemudian guyur dengan saus asam  manis pedas dan tambahkan campuran cabe-bawang yang telah ditumbuk kasar.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...