Tuesday, March 10, 2015

Resep Mudah Dan Praktis Pia Kacang Hijau (Mung Bean Pastry Recipe)

Kue yang satu ini selalu membawa nostalgia lho. Ingat dulu kala sewaktu masih kerja and sering ditugaskan bekerja di luar kota, yaitu ke kota pahlawan Surabaya. Kebetulan nih setelah capek bekerja keras, kita bisa mencoba makanan khas kota ini atau istilah jaman sekarang sih disebut wisata kuliner. Dulu paling suka makan empal Pengampon, nasi campur Tambak Bayan dan belanja oleh-oleh di pasar. Yang paling sering dibeli yaitu kue pia isi kacang hijau. Waktu itu rumah makan Ibu Rudi belum ada lho. Nah karena jauh dari tempat membeli pia, akhirnya ubek sana ubek sini ketemulah resep kue pia kacang hijau favorit kami sekeluarga. Yuk kita coba intip resepnya dan mencoba membuatnya.

Kalau biasanya cara membuat kue pia tidak menggunakan ragi, maka resep dibawah ini menggunakan ragi. Hmm unik tapi nyata, silakan dicoba semoga resep ini cocok. Cara memanggangnya dapat disesuaikan dengan alat dapur kita. Bila tidak atau belum punya oven maka gunakan happy call saja. Bukan promosi lho. Karena berbahan dasar dengan menggunakan ragi, maka jenis pia ini cenderung basah (seperti pia dari Jogya  itu lho).

Bahan yang diperlukan:
Bahan kulit:
250 gram tepung terigu protein sedang (cap segitiga)
50 gram gula pasir
40 gram margarin
125 ml air hangat
1/2 sdt garam

Bahan isian:
150 gram kacang hijaun kupas (beli yang sudah dikupas)
100 gram gula pasir (boleh ditambah bila kurang manis)
1 sdt garam
4 sdm minyak sayur

Cara membuatnya:
Cuci bersih kacang hijau. Masak kacang hijau bersama air secukupnya sampai lunak. Kemudian saring dan tiriskan. Lumatkan kacang hijau sehingga halus. Panaskan kembali di atas kompor dan tambahkan minyak goreng serta gula pasir sehingga mengering atau kandungan airnya habis. Sisihkan. Bulatkan sesuai dengan kehendak, boleh besar ataupun kecil tergantung seberapa besar pia yang akan dibuat.

Untuk bahan kulitnya, campurkan terigu, gula pasir, ragi dan air hangat. Uleni sehingga rata. Kemudian baru tambahkan margarin dan garam. Uleni kembali sehingga kalis. Bulatkan dan istirahatnkan adonan selama 30 menit. Kempiskan adonan. Timbanglah adonan menjadi bulatan kecil seberat 30 gram, kemudian diberi isian kacang hijau. Bentuk bulat dan pipihkan seperti bentuk pia.

Semua adonan pia yang sudah diisikan dan dibentuk diletakkan pada loyang yang telah disemir margarin. Kemudian istirahakan kembali selama 15 menit.

Panaskan oven sehingga mencapai 225 C, kemudian panggang  adonan pia selama 10 menit. Setelah 10 menit keluarkan dari oven dan balik. Panggang kembali selama kurang lebih 10 menit.

Tips memanggang memakai happy call , gunakanlah api kecil.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...