Tuesday, April 16, 2013

Resep Mudah Dan Praktis: Kacang Tojin Dari Padang

Biasanya di rumah sering tersedia cemilan yang satu ini: kacang bawang. Juga merupakan kudapan favorit yang tersedia saat natal, tahun baru Cina/Imlek, ataupun Lebaran. Kenapa menjadi kebiasaan tersedia di rumah ?. Alasannya karena mudah dibuat, rasanya enak dan bikin ketagihan.

Nah beberapa saat yang lalu ada famili yang berlibur ke Padang dan membawa oleh-oleh kacang goreng namanya Kacang Tojin. Aneh yah namanya. Setelah dicoba ternyata hampir sama lho rasanya dengan kacang bawang yang biasa dibuat sendiri di rumah. Bedanya tipis saja yaitu ada seledri cincangnya yang digoreng. Enak, harum bawang dan seledri bercampur jadi satu. Karena penasaran gimana sih cara bikinnya, akhirnya tanya kiri kanan dan gugel an. Coba deh bikin sendiri. Caranya sama saja dengan cara bikin kacang goreng bawang.

Bahan:
250 gram kacang tanah mentah, cuci bersih, tiriskan
4-5 siung bawang putih, boleh ditambah jika kurang, separuh dihaluskan, separuh diiris tipis-tipis
1/2 sdt garam
4 tangkai seledri, yang diambil daunnya saja, cincang kasar
air mendidih secukupnya
minyak goreng secukupnya

kacang tanah
Kacang Tanah Kupas


Caranya:
Letakkan garam, kacang tanah, bawang putih yang dihaluskan, air mendidih secukupnya sehingga menutup permukaan kacang. Diamkan sehingga meresap, kurang lebih 30 menit atau sampai air menjadi hangat-hangat kuku.

Panaskan minyak goreng. Goreng kacang sehingga agak menguning. Masukkan irisan bawang putih. Lanjutkan menggoreng sehingga bawang agak matang. Tambahkan seledri cincang. Goreng kacang sehingga kuning kecoklatan.

Angkat dan tiriskan. Bila sudah dingin simpan dalam toples kedap udara.

Kacang Tojin Padang


Tips:
  • paling mudah bila menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas kulit arinya. Bila menggunankan kacang tanah yang masih ada kulit arinya, rendam kacang dengan air mendidih sehingga kulit air mudah dikupas.
  • Perendaman dengan air panas juga membuat kacang menjadi empuk dan renyah. 




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...