Monday, April 1, 2013

Kiat Memilih Wajan Untuk Berbagai Kegunaan

Dengan banyak jenis wajan yang berada di pasaran baik dari bentuk maupun bahan pembuatnya, tentunya tidak mudah memilih alat dapur yang satu ini. Pasti bingung juga memilih yang tepat untuk dapur Anda. Jangan khawatir, berikut ini beberapa faktor penting yang dapat dipertimbangkan dalam pemilihan:


Fungsi
 Apa sih fungsi utama perlengkapan masak yang satu ini di dapur Anda ?. Hanya untuk menggoreng atau multi fungsi.  Salah satu kegunaan wajan yang utama adalah alat memasak ini paling baik digunakan untuk "stir-fry" atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan  istilah menumis atau mengoseng.

Wajan berbahan besi baja (carbon steel wok) merupakan pilihan paling tepat untuk menumis dengan alasan antara lain:
  •  mudah dilapisi (season) sehingga tidak mudah lengket dan berkarat, 
  • tahan lama, 
  • harganya relatif murah, 
  • sifatnya penghantar panas yang baik, cepat panas dan mudah pula dingin (sangat sesuai untuk tumis-menumis) dan yang paling utama adalah panasnya merata
  • tidak terlalu berat sehingga mudah digunakan.
  • menyediakan zat tambahan  mineral besi pada makanan yang dimasak. Lho kok bisa ? Ya, karena pada saat memasak tentunya ada bagian-bagian sepihan yang sangat halus dari alat masak ini yang akan ikut melekat pada bahan makanan yang dimasak. Jadi tidak perlu membeli tambahan vitamin/mineral zat besi lagi., terutama bagi penderita anemia.

Saya lebih menyukai jenis penggorengan wajan dari besi baja ini karena dapat kelebihannya dalam hal tumis menumis. Memang mungkin penampilannya tidak secantik  yang terbuat dari stainless stell, aluminum atau teflon.


Wajan besi baja dasar datar
Wajan Besi Baja Berdasar Datar





Ukuran
Berbagai macam ukuran mulai dari kecil imut-imut sampai dengan yang besar sekali. Umumnya digunakan dengan diameter sekitar 30-35 cm.   Kuali ukuran ini dapat mengolah makanan untuk 4-5 porsi.

Bentuk dasar
Bila anda menggunakan kompor listrik, waja berdasar datar adalah pilihan yang tepat karena penghantaran panas dilakukan oleh elemen pemanas. Yang berdasar cekung digunakan di atas kompor gas atau kompor tradisional lainnya.

Kesimpulannya pemilihan wajan yang utama didasarkan atas kebutuhan Anda. Tetapi untuk wajan multi fungsi, saya memilih wajan berbahan dasar baja hitam. Pertimbangannya adalah dalam hal kepraktisan dan tidak perlu ribet memiliki beragam jenis alat masak sehingga hemat tempat penyimpanan pula (untuk dapur yang kecil), relatif murah dan terjangkau, awet/tahan lama. 












           








3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...