Tuesday, April 23, 2013

Cara Mudah Dan Praktis Membakar Terasi

Terasi salah satu bahan makanan yang digolongkan sebagai bumbu masak yang populer di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Di Indonesia dikenal juga dengan nama belacan. Biasanya terbuat dari ikan atau udang yang difermentasi. Biasanya berbentuk pasta atau blok berwarna kehitaman, atau juga ada yang coklat kemerahan.

Berbagai jenis makanan Indonesia seringkali menggunakan terasi bakar sebagai bumbu masaknya. Nah bagaimana cara mudah membakar terasi ?. Cara yang cukup mudah yaitu :


  • bentuk terasi menjadi bola-bola (besarnya sesuai dengan keperluan), kemudian tusuk dengan tusukan sate ataupun ujung pisau dan bakar di atas api kompor.
terasi belacan
Terasi dalam botol 

  • bila terasi sulit dibentuk, gunakan ujung pisau atau sendok untuk mengambil sebanyak yang diperlukan. Kemudian bakar terasi yang berada di atas sendok/ujung pisau di atas api kompor.




  • dapat pula digunaka wajan kecil yang telah dilumuri minyak secukupnya. Tujuan penggunaan minyak untuk mengurangi lengket pada wajan. Kemudian bakar terasi di atas wajan kuali.
terasi belacan
Terasi Thailand/Kapi

  • cara yang lain yaitu bungkus terasi dengan aluminum foil dan bakar di atas api kompor atau dapat pula di panggang di dalam oven. Cara ini untuk mengurangi bau terasa cukup menyengat. Bila Anda tinggal di apartemen, cara ini cukup efektif. 
Aluminum Foil
Image credit: creative commons

2 comments:

  1. Terima kasih. Ide yang sangat bagus karena selama ini kendalanya adalah bau trasi yang menyebar kemana-mana.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...