Tuesday, April 16, 2013

Resep Mudah Dan Praktis: Martabak Telor

Di Malaysia, Singapore atau Brunei terkenal dengan roti Canai/Cane atau sebetulnya bernama Paratha. Di Indonesia lebih populer martabak telur/telor atau kalau di Malaysia terkenal dengan nama Murtabak. Bedanya bila roti cane tidak ada isi sedangkan martabak telor isinya adalah sedikit daging, telur dan bawang daun. Yang istimewa: telur yang digunakan biasanya telur bebek. Satu lagi yang tidak bisa dilupakan adalah melihat keahlian abang penjualnya membuat kulitnya hingga tipis sekali.

Untuk mengobati kangen akan makanan ini, saya biasa pake short cut untuk kulitnya, yaitu menggunakan kulit spring roll/lumpia beku yang ada di supermarket Asia. 

Bahan:
 1 cup daging sapi cincang
1 cup bawang daun yang sudah diiris
2 telur
1 cup kol yang sudah diiris
sejumput garam atau secukupnya
1/3 sdt lada putih
4 sdm butter/mentega atau gee
2 buah kulit lumpia yang besar

kulit lumpia
Kulit Lumpia Beku


Caranya:
Panaskan 2 sdm mentega di atas wajan. Tumis daging cincang hingga matang kemudian sisihkan.

Campur daging cincang matang, kol, telur, daung bawang, lada, garam dan telur.

Panaskan wajan datar atau disebut juga griddle di atas kompor. Taruh 1 sendok makan mentega hingga leleh dengan menggunakan api sedang. Taruh selembar kulit lumpia dan masak hingga sedikit kering dan garing.

Tuangkan campuran daging sapi ke atas kulit lumpia. Masak hingga setengah matang. Kemudian tutup dengan sisa kulit lumpia. Olesi kulit lumpia bagian atas dengan sisa mentega. Bila martabak sudah matang (isinya tidak lagi cair) dan padat. Angkat.

Potong-potong menjadi ukuran yang anda inginkan. Hidangkan dengan asinan timun dan cabai rawit.

martabak telor
Martabak Telur




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...