Tuesday, April 16, 2013

Resep Mudah Dan Praktis: Kroket Kentang

Salah satu jajanan pasar yang selalu bikin kangen. Rasanya gurih, empuk dan pulen. Isinya cukup bergizi dan mengenyangkan pula. Cocok untuk bekal sekolah anak-anak lagi. Kurang apalagi dari kroket kentang ini ?

Bahan:
1 kg kentang
1 sdt garam
1/4 sdt lada
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan isi:
750 gram daging sapi giling
1 buah bawang bombang, cacah halus
4 buah wortel, potong dadu kecil-kecil
2 buah bawang daun, iris halus
1/4 sdt lada halus
1 1/2 sdt garam
1/4 cup tepung terigu
2 buah telur rebus, iris atau cincang halus

Untuk lapisan:
1 buah telur, kacau
2 cup tepung roti

Caranya:
Rebus kentang sampai matang. Kuliti kentang dan haluskan. Tambahkan garam dan lada. Sisihkan.

Panaskan sedikit minyak untuk menumis didalam wajan. Masukkan bawang bombay dan tumis hingga setengah matang. Kemudian tambahkan daging giling dan daun bawang.  Masak hingga matang dan air mengering.

Tambahkan wortel dan tepung terigu, garam serta lada. Aduk hingga bahan isi mengental dan tercampur merata. Matikan api dan sisihkan.

Ambil satu sendok makan kentang halus. Bentuk bulat seperti bola dan pipihkan. Kemudian isi dengan daging sapi cincang secukupnya dan seiris telur rebus. Tutup dan bentuk memanjang oval seperti guling.
Lakukan hingga kentang rebus dan bahan isian habis.

Gulingkan kroket yang belum digoreng ke dalam telur dan angkat kemudian gulingkan ke dalam tepung roti. Lakukan 2-3 kali sehingga tepung roti merata melumuri kroket.

Panaskan minyak di dalam wajan dengan api sedang. Bila sudah panas, goreng kroket hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Hidangkan dengan sambal botol atau cabe rawit.

kroket kentang
Kroket Kentang
 Tips: Kadang bila malas membentuk, saya mencampur bahan isi dengan kentang halus dan langsung membentuk kroket menjadi bulat atau memanjang seperti gambar di atas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...