Wednesday, April 3, 2013

Resep Mudah Dan Praktis: Sambal Terasi/Belacan

Orang Indonesia terkenal suka makan sambal. Makanan apapun rasanya tidak akan lepas dari condiment ini. Kalau orang bule sangat suka dengan saus tomat maka tidak lengkap rasanya sebagai orang Indonesia bila makan tanpa sambal. Berikut ini adalah cara membuat sambal terasi yang mudah dan praktis.

Berbagai cara membuat sambal terasi, ada yang berupa sambal mentah maupun sambal matang. Cara membuat sambal matang pun tidak sama satu dengan yang lain. Ada yang berupa ditumis setelah ditumbuk, adapula yang menggoreng bahan-bahan mentah lalu dilanjutkan dengan ditumbuk untuk menjadi sambal. Saya lebih menyukai cara yang terakhir. Berikut ini adalah resepnya.

Images credit: creative common

Bahan-bahan:
2 buah cabai hijau
6-8 buah cabai merah
1-2 buah bawah merah
2 sdt terasi (aka belacan)
1/2 sdt garam
1 sdt gula
minyak goreng untuk menggoreng secukupnya


cabai merah
Cabai Merah


terasi belacan
Terasi dari Thailand (belacan)


Caranya:
Panaskan wajan dan tuang minyak secukupnya. Bila minyak sudah panas masukkan cabe merah, cabe hijau, dan bawang merah. Goreng sampai layu. Setelah layu angkat.

Goreng terasi hingga harum. Proses ini cepat sekali untuk mencegah supaya tidak gosong.

Gunakan ulekan (penumbuk) untuk menghaluskan semua bahan sambal. Jangan lupa masukkan garam dan gula. Ulek sambal hingga halus. Cicipi dan sesuaikan rasanya dengan lidah Anda.

Sambal siap dihidangkan dengan lalapan kesukaan Anda.

sambal terasi
Sambal Terasi/Belacan



Bila Anda memerlukan resep sambal lainnya, sumber yang cukup baik yaitu: resep aneka sambal. Dijamin resep-resepnya mantap punya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...