Tuesday, April 2, 2013

Cara Pelapisan Wajan Baru (Wok Seasoning)

Bila Anda membeli wajan baru, baik yang terbuat dari aluminium maupun besi baja semuanya terlihat sama berkilatnya seperti yang terbuat dari stainless steel. Pada umumnya semua wajan itu dilapisi suatu bahan anti karat. Sebelum dipakai alat memasak baru selayaknya dibersihkan dan dilapisi dahulu, khususnya untuk kuali.

Saya selalu membersihkan kuali baru dengan sikat besi, sabun dan menggunakan air panas. Sikat beberapa kali permukaan luar dan dalam wajan lalu bersihkan dengan sabun dan bilas dengan air panas. Hal ini akan menghilangkan segala kotoran dan bahan kimia yang mungkin digunakan oleh pabrik pembuat.

sikat besi
Sikat kawat



sabun cuci piring
Sabun Cuci Piring


Langkah berikutnya adalah pelapisan untuk menghindarkan agar wajan tidak berkarat dan lengket saat dipakai memasak. Cara yang biasa saya gunakan adalah panaskan alat penggorengan ini diatas api sehingga panas sekali. Kemudian dinginkan. Pada saat pemanasan biasanya wajan akan berubah warna menjadi kuning ataupun biru. Ada pula yang tidak berubah warna sama sekali.

Image credit: creative common (by Grongar) - scallion

pure peanut oil/minyak kacang
Minyak Kacang
daun bawang
daun bawang







Langkah kedua pelapisan wajan:  Siapkan irisan jahe kurang lebih 1 cup beserta 1 cup irisan daun bawang. Panaskan 2-3 sendok makan minyak (saya memakai minyak kacang tanah). Lalu tumis irisan jahe dan daun bawang sehingga harum. Kurangi api menjadi kecil dan tumis bahan-bahan ini sehingga kering kurang lebih 15 menit. Tambahkan minyak bila perlu.  Aduk-aduk tumisan sehingga permukaan kuali terkena minyak. Setelah 15 menit, tuangkan minyak ke dalam wadah, kemudian bilas wajan menggunakan air panas. Sabun tidak perlu digunakan pada tahap ini. Lap wajan dengan menggunakan sponge, lalu panaskan diatas api kecil sehingga kering. Selesai... . Wajan Anda harum dan sudah selesai dilapisi serta  siap digunakan.






Image credit: creative common (by cwf)


pelapisan wajan
Pelapisan Kuali



3 comments:

  1. Hi,

    Thanks buat tips pelapisan kuali.

    Tanya dong, kuali sendiri yang di foto itu belinya di mana yah? mereknya apa?

    Kalau di Jakarta, kira-kira belinya di mana?

    Many thanks,

    Joseph

    ReplyDelete
  2. I like your blog a lot. Its informative and full of information. Thank you for sharing.
    Oxone

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas inspirasinya. Alat memasak yang sehat memang penting untuk menghasilkan masakan yang sehat pula.

    Oxone

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...