Wednesday, February 26, 2014

Resep Donat Tanpa Capek (Tanpa Menguleni)

Kami sekeluarga sangat menyukai donat tapi untuk membuatnya sendiri seringkali malas karena belum punya mixer untuk menguleni. Jadi kebanyakan sih beli donut di toko donut yang dari waralaba terkenal itu lho.
Setelah wara wiri tanya kanan kiri, ada lho cara membuat donat yang tanpa harus punya mixer dan diuleni. Meski tanpa diuleni tapi hasilnya tetap enak dan lembut. Yuk kita lihat resepnya.

Bahan yang diperlukan adalah:
320 gram tepung serba guna
1 butir telur
1/2 sdt garam
45 gram gula pasir
40 gram mentega,
150 ml susu hangat
25 ml air hangat
1/4 sdt gula pasir
1 bungkus ragi atau 2 1/2 sdt

Cara membuatnya:
Campurkan air hangat, 1/4 sdt gula pasir dan ragi. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 5-10 menit atau sehingga berbusa.

Dalam sebuah wadah campurkan tepung, garam dan semua sisa bahan (termasuk air ragi). Aduk sehingga rata. Diamkan wadah ini di tempat yang hangat. Jangan lupa ditutup supaya tidak kering. Tunggu sampai adonan mengembang menjadi 2 kali lipatnya.

Siapkan talenan yang telah dilaburi tepung. Kemudian keluarkan adonan dan kempeskan. Pukul-pukul beberapa kali sehingga udaranya keluar. Lalu adonan dibagi-bagi sesuai dengan selera besar dan beratnya. Bulatkan.

Kemudian adonan didiamkan selama 30 menit sehingga mengembang kembali. Goreng donat dengan api sedang dalam minyak yang banyak.

Setelah matang, angkat dan tiriskan. Dinginkan.
Hias donat dengan topping sesuai selera seperti keju, meises, atau icing.



Gambar oleh ReneS

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...