Wednesday, February 26, 2014

Resep Mie Hijau

Penasaran dengan mie sehat hijau yang ada di pasaran. Akhirnya minta bantuan Om Gugel mengenai yang disebut mie sehat ini. Intinya mie sehat hijau itu dibuat dari sayuran hijau sebagai warna hijaunya. Sayurannya bisa dari sawi hijau ataupun bayam. Tentunya kalau membuat sendiri pasti lebih sehat dong karena tidak ada campuran atau tambahan pengawet ataupun pengenyal mie apalagi boraks. Sebagai bahan pengenyalnya bisa ditambahkan sedikit sekali tepung sagu ke dalamnya.

Membentuk mie tentunya perlu alat penggiling mie. Tapi bila tidak ada alat ini bisa diakali dengan menggiling adonan mie sesuai dengan keinginan. Pakai gilingan biasa aja. Setelah itu adonan yang telah ditipiskan dan dilabur tepung supaya tidak melekat dilipat beberapa kali lipatan dan diiris-iris dengan menggunakan pisau tajau sesuai selera ketebalannya. Teknik ini hasi pengamatan di pabrik mie tradisional di dekat rumah. Hasilnya lumayan bagus tapi memang tidak akan bisa setipis dan sekecil mie yang menggunakan mesin penggiling mie.

Mari kita lihat bahan dan bagaimana cara membuat mie hijau. Yuk....

Bahan yang diperlukan:
250 gram tepung protein tinggi
1/2 sdm garam
1 butir telur ayam utuh
1 - 1 1/4 sdm tepung sagu
1/4 kg sayuran hijau (sawi hijan atau bayam), tambahkan sedikit air saja dan blender. Ambil sari sayuran itu sebanyak kurang lebih 50 ml, bila kurang bisa ditambahkan lagi.

Cara membuatnya.
Dalam sebuah wadah campurkan tepung terigu, sagu dan garam. Aduk rata kemudian sisihkan.
Tambahkan telur dan sari sayuran hijau. Aduk rata hingga adonan menjadi kalis.
Siapkan gilingan mie Giling mie sesuai dengan ketebalan yang diinginan sapai halus.
Jangan lupa untuk diberi tepung supaya tidak melekat.
Adonan mie sudah dapat digunakan. Bila disimpan dalam wadah tertutup rapat, bisa tahan sampai 3 hari lamanya.

Mie Ayam Hijau










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...