Thursday, January 9, 2014

Resep Brownies Tepung Singkong (Mocaf)

Tepung terigu mahal karena harus impor dari luar negeri ?. Dulu sempat gonjang-ganjing harga terigu yang mahal dan keluarlah inovasi baru pengganti tepung terigu yaitu tepung dari singkong yang disebut mocaf. Cocok dipakai untuk membuat penganan kue-kue ekonomis.

Bahan yang diperlukan
25 gram margarine
125 gram dark cooking chocolate
Kedua bahan tersebut dilelehkan bersama kemudian sisihkan.

200 gram tepung MOCAF
50 gram coklat bubuk
25 gram susu bubuk full cream
½ sdt baking powder
1 sdt vanilla
3 butir telur ukuran besar
300 gram gula pasir

Taburan:
Kacang-kacangan (mede, almond, kenari, dll), Chocolate chips atau sesuai selera, bisa ditambah sukade, buah-buahan kering atau parutan keju juga ok lho.

Cara membuatnya adalah:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 1 buah loyang persegi ukuran 24x24x4 cm yang telah diolesi dengan margarine, alasi dengan kertas roti kemudian olesi lagi dengan margarine. Sisihkan.
2. Ayak bahan kering: tepung MOCAF, coklat bubuk, susu bubuk, baking powder. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang) dengan menggunakan mixer sebentar saja. Masukkan campuran dark chocolate dan margarine yang sudah dilelehkan dan vanilla. Aduk rata.
4. Masukkan bahan kering yang sudah diayak. Aduk rata cukup hingga bercampur rata saja. Jangan sampai kelebihan aduk. Nanti bantat.
5. Tuang ke loyang, taburi dengan bahan taburan sesuai selera. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang.
6. Keluarkan dari oven.

 Biarkan sebentar dalam loyang. 
Keluarkan dengan cara mengankat kertas rotinya. Dinginkan dan potong-potong. dan siap dihidangkan.






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...