Friday, March 7, 2014

Sate Kere (Indonesian Satay Kere Recipe)


Katanya sih gubernur DKI yang sekarang Pak Jokowi yang lagi ngetop naik daun itu suka makanan tradisional ini. Kebetulan memang Jokowi dan sate kere itu sama-sama berasal dari Solo. Nah kalau dengan kata kere, pasti akan terpikir, kere itu kan artinya miskin yah. Apa makanan ini hanya untuk orang miskin saja ? terus apa sih bahan pembuatnya. Setelah tanya kiri kanan ngolor ngidul, ternyata memang betul dugaan saya. Penyebutan kere ini dihubungkan dengan bahan pembuatnya yaitu tempe gembus. Kalau yang tidak tahu apa yang dimaksud dengan tempe gembus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu (sisa gilingan kedelai dalam proses pembuatan tahu). Nah yang beli tempe jenis ini kan memang biasanya orang yang kurang atau tidak mampu.

Proses pembuatan sate kere sendiri sangat mudah. Tempe gembus diberi bumbu bacem, kemudian dibacem. Setelah matang makan akan dipotong kotak-kotak untuk ditusukkan ke tusukan sate. Kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Bisa disajikan dengan lontong. Juga ditambahkan elemen lain dari menu sate kere yaitu sate jeroan seperti kikil atau kulit, dan lain-lain.

Sate kere ini punya penggemar khusus tersendiri. Kalau ke Solo jangan lupa untuk mampir di warung sate kere Yu Rebi yang terkenal.

Dengan naiknya Jokowi dari Solo jadi gubernur semoga juga sate kere Solo naik daun seperti Jokowi.


Sate Kere

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...