Friday, March 7, 2014

Resep Devilled Egg

 Kami sering mendapat undangan makan dari kolega bule ataupun acara pot luck di kantor atau gereja. Nah kalau sudah begini, paling bingung makanan atau hantaran apa yang akan dibawa. Kriterianya pasti harus dapat diterima oleh semua pihak, baik lidah bule maupun lidah orang Asia. Salah satu appetizer atau bisa juga disebut finger food yang paling mudah dibuat dan rasanya sesuai dan dapat diterima oleh banyak pihak yaitu devilled egg. Sebetulnya kudapan ini hanyalah telur yang divariasikan dengan mayonaise dan kemudian digarnish sehingga penampilannya menarik. Bila Anda menyukai rasa asam pedas, dapat ditambahkan sedikit sambal botol dan relish (acar). Rasanya asam segar dan sedikit pedas. Coba deh...dijamin pasti suka. 

Jadi intinya devilled egg itu seperti salad telur tetapi penyajiannya dibuat secantik mungkin. Berbagai variasi dapat ditambahkan pada isinya seperti bacon, ham, potongan seledri besar, relish, dan lain-lain, asalkan jangan sambal terasi saja...


Bahan yang diperlukan:
3-4 butir telur rebus, belah dua kerok kuningnya sisihkan.
2 bawang daun, iris panjang-panjang

Isian:
2 sdm mayonaise
1 sdm mustard
1 sdm susu kental manis
garam secukupnya

lada hitam secukupnya
serbuk paprika secukupnya

Cara penyajian:

Kuning telur dihaluskan. Kemudian tambahkan mayonaise, mustard, susu kental manis, garam dan lada hitam. Aduk rata. Kemudian isikan adonan kuning telur ini ke dalam piping bag. 


Atur putih telur yang telah dibelah dua, kemudian isikan bagian yang kosongnya dengan isian kuning telur. Hias dengan bawang daun dan taburi dengan serbuk paprika. Siap dihidangkan. 

Variasi lain: bisa digarnish dengan bacon, ham, cheese, bahkan seledri cincang. 




Devilled Egg
 Gambar: Kasia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...