Wednesday, March 12, 2014

Resep Roti Keju Tanpa Telur (Cheese Bread Recipe)

Resep roti ini hasilnya sangat baik. Persis seperti roti yang dijual di bakery-bakery yang dikelola orang Asia atau orang China pada khususnya. Berserat, lembut dan moist. Juga ngeju banget rasanya. Meski tidak pakai telur, rasanya tetap enak sekali. Untuk mendapatkan hasil yang berlapis-lapis, roti halus diuleni sampai kalis.

Bahan yang diperlukan:
45o gram tepung protein tinggi (bread flour)
30 gram mentega dingin, potong-potong
1 sdt garam
2 sdt ragi
1/2 sdt gula paris
300 ml susu hangat
200 gram keju cheddar parut



Cara membuatnya:
Susu hangat dicampur dengan gula pasir dan ragi. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 7 menitan. 
Dalam wadah terpisah, remas-remas mentega dengan tepung yang telah diayak dan setengah bagian dari keju parut. Campurkan adonan ini ke dalam susu hangat. Aduk rata. Kemudian uleni sehingga menjadi adonan yang kalis. Setelah kalis, istirahatkan adonan sehingga mengembangkan 2 kali lipat. Jangan lupa adonan harus ditutup dengan plastik supaya tidak kering. 

Setelah mengembang dua kali lipat, keluarkan adonan dan kempeskan. Bentuk sesuai dengan selera. Poles bagian atas adonan yang telah dibentuk dengan susu cair kemudian ditaburi keju parut.

Bakar roti dengan suhu 180 C selama kurang lebih 20 menit atau sampai kuning kecoklatan. Setelah matang, olesi roti dengan butter. 

Roti Keju Tanpa Telur



 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...