Wednesday, March 5, 2014

Resep Marble Cheese Brownies

Minggu lalu seorang kolega suami membawa oleh-oleh sekotak brownies yang konon dibuat oleh bakery yang terkenal di kota tempat tinggalnya. Kebetulan hubby suka sekali coklat dan kudapan manis. Jadi cocok sekali bila brownies ini buat teman minum teh pahit. Tetapi bagi lidah saya, rasanya terlalu manis. Memang lezat, nyoklat banget dan goey-goey. Saking penasarannya dengan kue ini, terpikir bagaimana kalau membuatnya sendiri tetapi dikurangi takaran gulanya dan divariasikan dengan keju. Setelah mencari info di dunia maya, ternyata brownies yang ada kejunya biasanya dibuat dengan menggunakan cream cheese. Hmmm..di rumah kebetulan tidak punya cream cheese, yang ada hanya cheddar cheese favoritenya si kecil. Yah sudahlah tidak ada rotan, akar pun jadi. Utak-atik resep maka jadilah brownies marmer keju.

Rasanya, hmmmm susah dibilang, tapi yang jelas banget nih, nyoklat, tidak telalu manis dan ada rasa gurih dari keju. Lumer di mulut deh.

 Bahan yang diperlukan:
120 gram mentega
220 gram dcc (dark cooking chocolate)
130 gram  tepung terigu
30 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
90 gram  gula pasir
50 gram gula
3 butir telur ayam

Bahan keju :
100 ml susu cair
150 gram keju cheddar parut

Caramembuatnya:
 Dalam sebuah wadah campurkan keju cheddar parut dan susu cair. Panaskan sehingga keju meleleh. Matikan api dan sisihkan.

Siapkan sebuah loyang berukuran 20 x 20 cm yang telah dilaburi mentega. Sisihkan.

Cairkan mentega dan masukan potongan dark cooking chocolate. Gunakan api kecil sehingga coklat meleleh. Matikan api. Kemudian tambahkan gula pasir dan gula palem. Aduk sehingga tercampur rata.
 Masukkan telur, aduk rata. Tambhakan tepung teridu, coklat bubuk dan baking powder. Aduk secara cepat hanya untuk meratakan saja.

Tuangkan adonan coklat sebagian ke dalam loyang kemudian tuang adonan keju diatasnya. Lakukan berselang-seling shingga adonan habis. Beri motif marble dengan menggunakan tusuk gigi.
Panggang dalam oven bersuhu 200 C sehingga matang.

Marble Cheese Brownies

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...