Monday, March 3, 2014

Resep Puding Jagung Saus Santan

Punya stok jagung manis banyak tapi kadang bingung mau dimasak apa ?. Paling banter biasanya dibuat perkedel jagung, bubur Manado, sup jagung asparagus. Kalau lagi bingung biasanya cari ide masak di internet. Ahaa...ketemu sesuatu yang lain, ternyata jagung juga cocok untuk dibuat puding. Hmm kebayang gak sih manisnya jagung terus ada embel-embelnya yaitu harum khasnya, terus ditambah sausnya yang asin gurih.

Pilihlah jagung yang mudanya sedang, dalam arti tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Yang penting rasanya manis. Bila tidak ada jagung segar bisa juga memakai jagung dalam kaleng dengan catatan tidak ada kandungan garamnya (no salt added). Jagung dalam kaleng ini ada 2 macam yaitu pipilan dan dalam bentuk cream (sudah separuh dihaluskan). Yang dalam bentuk cream biasanya bisa dibuat sup a la bule yang bentuknya kental.

Bahan yang diperlukan :
1 bungkus agar-agar putih tanpa rasa
150 gram jagung manis, dihaluskan/diblender
120 gram gula pasir
500 ml santan
1 sdm tepung jagung aka maizena
sedikit pewarna kuning (dapat dihilangan bila tidak suka)

Cara membuatnya:
Haluskan jagung manis dengan ditambah sedikit air atau air santan.
Masak semua bahan untuk puding di atas api sehinga mendidih. Kemudian tuangkan ke dalam cetakan. Biarkan sehingga mengeras.

Ketika sudah mengeras, dapat dihidangkan dengan saus santan.

Bahan saus santan:
200 ml santan
1 sdt garam
1 sdm tepung jagung, larutakan dengan sedikit air
1-2 lembar daun pandan


Rebus santan, garam dan daun pandan sehingga mendidih. Ketika mendidih tuangkan larutan tepung jagung. Masak sehingga mengental. Angkat dari api dan dinginkan. Siap dihidangkan bersama puding jagung manis.

Mudah sekali bukan. ? Selamat makan

Puding Jagung saus santan

 Gambar oleh yosoynuts

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...