Friday, March 7, 2014

Resep Kue Lumpur Kentang Lembut

 Kue yang satu ini mudah dibuat dan anti gagal. Saya saja yang tidak begitu suka membuat kue selalu sukses membuatnya. Rasanya lembut, gurih dan tidak terlalu manis. Biasanya saya membuat kue ini untuk hantaran di acara gereja ataupun acara-acara yang dipelopori oleh orang Indonesia. Kue-kue tradisional seperti ini selalu membuat kangen dibanding dengan kue modern seperti cake, muffin, bolu dan lain-lain. 

Kentang ditambahkan ke dalam adonan akan menghasilkan kue yang lembut dan legit. Pernah juga saya membuat kue ini dengan dicampur keju. Jadi ada santan, keju, dan kadang susu...rasanya, jangan ditanya lagi deh. Bisa membuat lidah melayang ke langit ke tujuh saking gurih dan legitnya. 

Ayo mari kita coba membuat kue lumpur sendiri di rumah. Bila tidak ada cetakan kue lumpur gunakan saja cetakan muffin dan dibakar di dalam oven. Hasilnya sama lezatnya. 

Bahan yang diperlukan
30 gram margarin
2 butir kentang kukus, dihalukan
750 gram terigu serba guna
600 ml santan 
2 butir telur utuh
260 gram gula pasir
1 sdt vanila bubuk (kalo tidak ada kadang saya tidak pakai)
kismis untuk hiasan

Cara membuatnya:
Dalam sebuah wadah, kocok telur dengan mixer, kentang, dan margarin  sampai rata. Kemudian tambahkan gula. Kocok kembali. Setelah itu tambahkan santan, terigu dan vanila. Kembali aduk sehingga rata. 

Siapkan cetakan yang telah dipanaskan dan dioleh oleh margarin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan sampai setengah penuh. Bakar sehingga matang. Jangan lupa diberikan potongan kismis di atasnya sebelum matang. 

 






Kue Lumpur

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...