Wednesday, March 12, 2014

Resep Empek Empek Tanpa Ikan (Dos)

 Empek-empek makanan khas kota Palembang ini identik dengan ikan tenggiri. Rasanya khas, kenyal-kenyal gurih ikan. Selain ikan tenggiri dapat juga digunakan ikan gabus atau ikan belida untuk menghasilkan empek-empek yang enak. Tapi kalau alergi ikan bagaimana ?. Mau menikmati kudapan yang satu ini tapi takut kena gatal-gatal alergi ? Jangan khawatir, coba deh resep di bawah ini, meski dibuat tanpa telur tapi rasanya enak dan lembut lho. Biasa orang Palembang menyebutnya empek-empek Dos.


Bahan yang diperlukan:
1 kg tepung sagu atau kanji
1/4 kg tepung terigu
2 butir telur
1 liter air air

garam secukupnya
gula secukupnya 
garam secukupnya

chicken powder (bila suka) secukupnya

Cara membuatnya:
Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu dengan air panas. Aduk pelan-pelan sampai tercampur rata. Kemudian campurkan tepung sagu sampapi bisa diuleni. Bentuk empek-empek sesuai selera. Bisa berupa batang (lenjer) atau kapal selam. Untuk kapal selam. isi dengan kocokan telur. 

Siapkan air mendidi secukupnya. Beri 1 - 2 sendok makan minyak goreng. Kemudian rebus empek-empek sehingga mengapung. Tiriskan. 

Goreng empek-empek dengan minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan potong-potong. Hidangkan dengan kuah cuko, irisan timun dan tumbukan ebi kering. 

 
Bahan cuko empek-empek:

3-4 siung bawang putih, dihaluskan
500 ml air
200 gram gula merah
2-3 buah cabai merah, dihaluskan
asam jawa secukupnya
garam seckupnya 

Cara membuat cuko: 
didihkan semua bahan di atas api sehingga mendidih. Biarkan dingin.  

Empek-empek Dos
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...