Thursday, March 13, 2014

Resep Kue Lapis Sagu Ketan (Pepe Ketan)/ Indonesian Steamed Layer Cake Recipe

Salah satu jenis kue lapis tradisional. Rasanya khas manis tapi ada rasa gurih dari santan. Kue ini tidak bikin bosan dibandingkan dengan kue lapis modern. Bahannya murah dan mudah didapat. Banyak variasi kue lapis ini, ada yang semua bahannya terbuat dari tepung kanji. Ada juga yang dibuat dari tepung beras sehingga namanya disebut kue lapis tepung beras. Tapi kue lapis dibawah ini pakai campuran tepung kanji dan tepung ketan. Harumnya lain lho, ada keharuman khas tepung ketan. Apalagi bila dipadukan dengan sari daun pandan. Wangi betul.

Yuk kita lihat resepnya di bawah.

Bahan yang diperlukan:
185 gram tepung ketan
180 gram tepung kanji
400 gram gula pasir
sejumput garam
900 ml santan 
pasta pandan atau pewarna makanan warna lain

Cara membuatnya:
Dalam sebuah wadah campur semua bahan terkecuali pasta pandan atau pewarna makanan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang dikehendaki. Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan, Aduk rata. 

Panaskan kukusan. Siapkan loyang yang telah diolesi minyak goreng. Tuang satu sendok sayur adonan dan kukus selama kurang lebih 5 menit atau sampai adonan berkilat dan mengeras. Tuang satu sendok sayur adonan warna lain dan kukus selama 5 menit. Lakukan berselang-seling sesuai dengan jumlah warna yang dikendaki. Terakhir kukus adonan selama 10 menit supaya permukaannya betul-betul matang. 

Angkat dan dinginkan. Olesi permukaan kue dengan sedikit minyak supaya tidak lengket. Potong-potong dan siap dihidangkan. 




Kue Lapis Sagu Aka PEPE

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...