Monday, March 10, 2014

Resep Pisang Mollen A la Prima Sari (Banana Pastry Recipe)

Pisang mollen dari Bandung memang tiada duanya. Saking terkenalnya dulu sebelum jaman brokus Amanda, oleh-oleh ini selalu wajib dibeli. Kalau tidak beli Kartika Sari yah Prima Sari. Sebelum mengenal pastry, dulu selalu bertanya-tanya bagaimana sih menghasilkan kulitnya yang renyah, gurih dan berlapis-lapis. Ternyata jawabannya ada di korsvet, mentega khusus untuk pastry. Atau bahkan di resep-resep pastry bule, biasanya mereka hanya menggunakan mentega biasa.

Berikut ini adalah resep copy cat pisang mollen a la Prisa Sari yang terkenal itu. Dijamin bila sudah berhasil membuatnya sendiri di rumah , tidak akan membeli pisang mollen lagi di luar.



Bahan yang diperlukan
320 gram tepung terigu
1 butir telur ayam
15 gram margarine
80 gram mentega
30 gram gula pasir

1/8 sdt garam
80 gram air matang
90 gram mentega khusus untuk pastry (korsvet)





Bahan Isi:
pisang raja yang sudah matang,
meises secukupnya
100 gram mentega
50 gram gula pasir

Cara membuat:

Untuk membuat kulitnya, campurkan semua bahan kecuali korsvet. Aduk hinggal kalis dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa untuk ditutup dengan plastik supaya tidak kering. 

Untuk bahan isian, aduk mentega, gula pasir dan meises. Campurkan dengan potongan pisang. Sisihkan. 

 Adonan yang telah diistirahatkan lapisi dengan korsvet. Giling dengan gilingan beberapa kali giling (biasanya hingga 5 kali), kemudian potong-potong dengan lebar 3 cm. Taburi dengan tepung untuk menghindari lengket. 

Isi lembaran pastry dengan isian dan bungkus. Letakkan dalam loyang yang disemir mentega. Kemudian panggang selama kurang lebih 40 menit dengan suhu 200 C. Olesi dengan kuning telur bagian atas pastry dan panggang kembali selama 20 menit sehingga menguning kecoklatan. 



Pisang Molen



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...