Thursday, March 13, 2014

Resep Kimchi (Kimchi Recipe)

Sudah sering dong nonton filem drama Korea. Memang lagi jadi wabah terutama di Asia. Semuanya berbau korea, dari fashion, lagu, sampai makanannya juga jadi sesuatu yang lagi populer deh. Kalau dulu denger nama Kimchi jarang, sekarang sering banget. Tahu kan apa yang disebut Kimchi. Itu lho asinan sawi putih khas Korea. Biasanya dihidangkan sebagai side dish waktu makan. Disajikan di atas piring kecil. Kalau beli di restoran atau supermarket, mahalnya itu lho. Buat sendiri di rumah pasti lebih murah.

Resep Kimchi di bawah ini yah resep yang gak pake ribet. Kalo gugel resep, wah akan banyak sekali versinya deh. Ada yang pakai seafood segar seperti cumi-cumi untuk membantu fermentasinya. Silakan deh coba resep yang satu ini. Gak usah pakai seafood dan cairan tepung ketan. Tapi rasanya sih OK banget.



Bahan yang diperlukan
1 buah sawi putih, sedang besarnya
1 buah wortel, potong ukuran korek api
1 buah lobak, potong ukuran korek api
3-4 buah daun bawang
1 buah bawang bombay
5 sdm cabai bubuk halus
1/4 kg garam kasar
1 sdm gula pasir
1 sdm kecap ikan
2-3 cm jahe, diparut
4 siung bawang putih, haluskan


Cara membuatnya:
Sawi dicuci bersih dan dipotong bagian bawahnya (bonggolnya. Kemudian balurkan garam ke sela-sela sawi sampai rata. Biarkan selama kurang lebih 6 jam atau sampai layu. 

Kemudian cuci bersih sawi. Tiriskan. Dalam wadah campurkan lobak dan wortel potong, sawi, daun bawang, jahe, bawang bombay, gula pasir dan kecap ikan serta cabai bubuk. Aduk sampai rata. Semua bagian sayur harus terselimuti cabai bubuk. Tutup wadah secara rapat. Diamkan selama 2 hari untuk fermentasi. 

Setelah dua hari, rasa sawi akan asam dan asin. Dapat dihidangkan dengan nasi hangat dan hidangan lainnya. Semakin lama kimchi akan semakin asam rasanya. 


Kimchi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...