Thursday, March 13, 2014

Resep Kue Jadul Gemblong (Indonesian Glazed Fritter Recipe)

Inget gemblong inget Mang Ujang deh. Dia adalah penjual kue jajanan tradisional di area rumah kami tinggal. Sewaktu kami masih kecil-kecil dia dagang dengan membawa pikulan. Pikulannya itu berupa lemari kecil yang ada kacanya. Jadi pembeli bisa melihat kue apa yang dijajakan hari itu. Umumnya sih seperti biasa: risoles, pastel, mie goreng, bihun goreng, klepon, getuk, combro, bakwan goreng, dll. Nah salah satu yang bikin kangen berat sama Mang Ujang yaitu gemblong. Camilan gurih manis khas gula merah. Jarang lho menemui jajanan yang satu ini. Gemblong itu dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan parutan kelapa kemudian dibentuk lonjong, digoreng dan dibalut dengan besta gula merah.

Saking kangennya dengan gemblong, utak-atik deh resep yang berseliweran tentang kue ini. Gampang lho bikinnya. 

Bahan yang diperlukan:
350 gram tepung ketan
100 gram tepung beras
1/2 butir kelapa parut sedang tuanya, dikukus
1/2 sendok teh garam
300-350 ml santan kental
minyak goreng


Bahan besta/lapisan gula :
100 ml air
50 gram gula pasir
200 gram gula merah, diiris
1-2 simpul daun pandan

Cara membuatnya:
Campur tepung ketan dan tepung beras, garam dan kelapa parut. Aduk rata. kemudian tambahkan secara bertahap santan. Aduk hingga rata sampai adonan dapat dipulung lonjomg.

Kemudian goreng dengan menggunakan minyak panas sampai matang kecoklatan. Tiriskan.

Cara membuat besta: air dididihkan kemudian ditambahkan gula pasir dan gula merah serta daun pandan. Masak cairan sampai berserabut. Kecilkan api.
Masukkan gemblong yang sudah matang ke dalam cairan gula. Gulingkan secara cepat dan aduk rata. Matikan api. Terus aduk rata sampai gula mengeras. Bila sudah mengeras angkat dan dinginkan. 



Gemblong Ketan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...