Thursday, March 13, 2014

Resep Tauge Goreng (Bean Sprout Salad Recipe)

Makanan yang satu ini selalu mengingatkan akan Bogor, kota hujan. Tidak ada yang bisa nandingin sedapnya tauge goreng khas Bogor. Di daerah lain di Jawa Barat juga kadang dapat ditemui tauge goreng tapi yang satu ini memang khas. Biasa dimasak dengan menggunakan tungku kayu. Sebetulnya nama tauge goreng salah kaprah yah. Taugenya sendiri bukan digoreng tapi seperti diblansir dengan air mendidih sebentar kemudian ditaburi saus oncom. Nah ini yang menjadikan istimewa, sausnya.

Yuk kita bikin sendiri di rumah, gak usah ke Bogor untuk menikmati hidangan yang satu ini. Tauge goreng Bogor gak pake capek dan macet.


Bahan yang diperlukan
200 gram mie basah
350 gram tauge segar
4-5 potong tahu goreng
10 - 12 batang daun bawang, iris halus

Untuk Saus:
3 sdm minyak sayur
3 buah tomat, iris-iris
150 gram oncom merah, tumbuk kasar
3-4 batang bawang daun, iris halus
1/2 lt air
4 sdm tauco
3 sdm kecap manis
2-3 buah jeruk limo, ambil airnya saja

Haluskan:
4 buah cabai rawit
3 buah cabai merah
4 butir bawang merah
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuatnya:
Didihkan air kemudian siram mie basah dengan air panas, cuci bersih dan tiriskan. Jangan sampai mekar dan benyek. Tauge dibersihkan dan disiram dengan air mendidih. Tiriskan. Tauge jangan sampai terlalu lunak, masih harus renyah.

Untuk sausnya: tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai harum. Terus masukkan tomat, daun bawang dan oncom. Aduk rata.
Tambahkan air, kecap manis dan tauco. Masak sampai semua bahan matang. Tambahkan jeruk limo. Angkat dan sisihkan.

Cara memghidangkannya adalah atur mie dalam piring kemudian tambahkan tauge dan tahu goreng. Siram dengan saus, taburi bawang daun yang telah diiris. Dapat juga ditambahkan ketupat bisa suka. Juga kerupuk. 




Tauge Goreng Bogor



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...